1. Perhatikan gambar pengukuran
panjang balok disamping ini!
Skala utama di kiri skala 0 nonius menunjukkan 3,1 cm lebih. Skala
utama dan skala nonius berimpit pada garis skala nonius ke-9. Ini menunjukkan kelebihan 9 x 0,01 cm
= 0,09 cm. Jadi, hasil pengukuran yang diperoleh adalah 3,1 ditambah dengan 0,09 sama dengan
3,19 cm.
2.
Dua benda A dan B masing-masing
bermassa 2 kg dan 6 kg diikat dengan tali melalui sebuah katrol yang licin
seperti gambar. Mula-mula benda B ditahan kemudian dilepaskan. Jika g = 10 ms-2
maka percepatan benda B adalah ...
Untuk soal dengan kasus persis di atas, gunakanlah
persamaan di bawah ini untuk ngehemat waktu :D
A. (3 ; 2,7) D. (3 ; 4,5)
B. (3 ; 3,6) E. (3 ; 5,0)
C. (3 ; 4,0)
B. (3 ; 3,6) E. (3 ; 5,0)
C. (3 ; 4,0)
Kalau option menunjukkan angka di sumbu X udah sama semua, gak usah dicari lagi. Cukup yang di sumbu Y aja.
Bagi gambar di atas menjadi dua bidang, persegi panjang dan
segitiga. Persegi panjang memiliki titik berat di sumbu y yaitu 3/2.
Untuk segitiga, titik berat di sumbu y adalah 1/3 tingginya, yaitu 2.
Karena acuan dari titik 0,0 maka harus ditambah dengan 3 menjadi 5.
Adapun luas masing-masing bidang, readers udah tau kan cara mencarinya.
4. Sebuah
katrol dari benda pejal dengan tali yang dililitkan pada sisi luarnya
ditampilkan seperti gambar!
Gesekan katrol dengan tali dan gesekan disumbu putarnya diabaikan. Jika momen inersia katrol I = β dan
tali ditarik dengan gaya tetap F, maka hubungan yang tetap untuk menyatakan percepatan sudut katrol
adalah ...
Gesekan katrol dengan tali dan gesekan disumbu putarnya diabaikan. Jika momen inersia katrol I = β dan
tali ditarik dengan gaya tetap F, maka hubungan yang tetap untuk menyatakan percepatan sudut katrol
adalah ...
A. α = F.R. β D. α = F.R. (β)—1
C. α = F.(R. β)—1
5. Pernyataan di bawah ini yang berkaitan dengan gaya angkat pada pesawat terbang yang benar adalah ...
A. Tekanan udara di atas sayap lebih besar daripada tekanan udara di bawah sayap
B. Tekanan udara dibawah sayap tidak berpengaruh terhadap gaya angkat pesawat
C. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih besar daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
D. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih kecil daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
E. Kecepatan aliran udara tidak mempemgaruhi gaya angkat pesawat
Pada sayap pesawat berlaku untuk gaya angkat (ke atas) :
B. Tekanan udara dibawah sayap tidak berpengaruh terhadap gaya angkat pesawat
C. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih besar daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
D. Kecepatan aliran udara di atas sayap lebih kecil daripada kecepatan aliran udara dibawah sayap
E. Kecepatan aliran udara tidak mempemgaruhi gaya angkat pesawat
Pada sayap pesawat berlaku untuk gaya angkat (ke atas) :
Fbawah > Fatas
Pbawah > Patas
Vbawah < Vatas
Pbawah > Patas
Vbawah < Vatas
6. Perhatikan faktor-faktor berikut ini!
(1) Konstanta dielektrik
(2) Tebal pelat
(3) Luas pelat
(4) Jarak kedua pelat
Yang mempengaruhi besarnya kapasitas kapasitor keping sejajar jika diberi muatan adalah ...
A. (1) dan (2) saja D. (1), (2), dan (4)
B. (3) dan (4) saja E. (1), (3), dan (4)
(1) Konstanta dielektrik
(2) Tebal pelat
(3) Luas pelat
(4) Jarak kedua pelat
Yang mempengaruhi besarnya kapasitas kapasitor keping sejajar jika diberi muatan adalah ...
A. (1) dan (2) saja D. (1), (2), dan (4)
B. (3) dan (4) saja E. (1), (3), dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
Faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor :
(1) Konstanta dielektrik / bahan dielektrik / bahan penyisip antara 2 keping
(2) Luas tiap keping
(3) Permitivitas udara (juga permitivitas relatif bahan)
(4) Jarak antara dua keping
(3) Permitivitas udara (juga permitivitas relatif bahan)
(4) Jarak antara dua keping
Catatan : Untuk soal yang setipe dengan soal di atas, jangan sampai memilih beda potensial (tegangan)
dan muatan pada kapasitor sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor bila ada
dalam option pilihan, meskipun ada rumus Q = CV
sumber : http://tejoholic.blogspot.com/2012/03/assalamu-alaikum-wr.html
0 komentar:
Posting Komentar